BAB I ( ILMU KALAM )
Ø ILMU KALAM : Adalah diartikan sebagai
ilmu yang membahas tentang wujud Allah , Tentang sifat-sifat yang wajib ada
bagi Allah SWT ,sifat-sifat yang Jaiz bagi Allah juga tentang sifat-sifat yang
sama sekali wajib ditidak adakan daripada Allah SWT.
Ø Fungsi ILMU KALAM ;
1.
Memberikan
penguatan landasan keimanan umat islam
2.
Menopang
dan menguatkan sistem ajaran islam
3.
Turut
menjawab problematika penyimpangan teologis agama lain yang dapat merusak
akidah umat islam
Ø Hubungan ILMU KALAM dengan ilmu
lainnya ;
1.
Dengan
ilmu tauhid : kesamaan tema yang dibahas dan tujuaan pembahasaanya
2.
Dengan
tafsir Al-Qur’an : pengambilan sumber rujukan dan dalam metode penafsiran
3.
Dengan
ilmu syariat : sebagai suatu sistem nilai yang saling mendukung
4.
Dengan
ilm filsafat dan mantiq : sama dalam hal penalarannya
5.
Dengan
ilmu tasawuf : konsep dasar melalui keislaman dan ke-ikhsannan
Ø METODE Pembahasan ILMU KALAM ;
1.
Pembelajaran
melalui jalur formal
2.
Pembelajaran
melalui jalur non-formal
3.
Pembelajaran
kusus pembandingan agama
4.
Dalam
kehidupan yang agamis dilakukan dengan menuangkan secara sistematis
Ø RUANG LINGKUP ILMU KALAM ;
1.
Tentang
Tauhid Uluhiyah (Sifat Allah Swt)
2.
Tentang
Tauhid Nubuwwah (Nabi Allah Swt)
3.
Tentang
Tauhid Ruhaniyah (Alam Metafisik)
4.
Tentang
Tauhid Sam’iyah (Dilihat Dari Sama’i)
Ø PENERAPAN ILMU KALAM ;
1.
Melalui
jalur madrsah
2.
Melalui
jalur diniyah
3.
Melalui
jalur perbandingan agama
4.
Melalui
jalur yang agamis
BAB II (ALIRAN ILMU KALAM )
Ø ALIRAN SYI’AH : (PENGIKUT SETIA ALI
BIN ABI TALIB)
adalah
aliran yang menjunjung dan memuji syayidina Ali secara berlebih-lebihan karena mereka
beranggapan bahwa Ali yang lebih baik
menjadi khalifah pengganti Nabi Saw
Munculnya Syiah
karena gagalnya perundingan antara ALI BIN ABI TALIB dan MU’AWIYAH BIN ABI
SOFYAN di Perang Siffin .Golongan yang setia pada ALI BIN ABI THALIB disebut
SYIAH dan yang keluar dari Ali Bin Abi Thalib disebut KWARIJ.
*5 POKOK AJARAN SYIAH
1.
At
– tauhid
2.
Al
– adl
3.
An
– nubuwwah
4.
Al
– imamah
5.
Al
– ma’ad
Ø ALIRAN KWARIJ (Golongan Yang keluar dari ALI BIN ABI THALIB
)
adalah kaum pengikut Ali Bin Abi Talib yang
meninggalkan barisannya karena tidak setuju terhadap sikap Ali Bin Abi Talib
yang menerima tafkim .
Menurut Kwarij
semua masalah harus diselesaikan dengan merujuk kepada hukum ALLAH yang ada
pada Qur’an Surah Al-maidah ayat 44 “Barang siapa tidak memutuskan dengan apa
yang diturunkan allah ,maka mereka itulah orang-orang kafir.
*ENAM AJARAN KWARIJ
1.
AL-muhakimah
2.
Al
– azariqoh
3.
An
– najdat
4.
Al-
ajariyah
5.
Asy
– syufriyah
6.
Al
- ibadah
Ø ALIRAN MURJIAH (Husain bin
Muhammad bin Ali bin Abi Thalib)
muncul sebagai reaksi atas sikapnya yang tidak
mau terlibat dalam upaya mengkafirkan terhadap orang-orang yang terlibat dalam
peristiwa tahkim
*KELOMPOK ALIRAN MURJIAH
1.
KELOMPOK MODERAT
, Tokohnya adalah ;hasan bin muhammad bin ali bin abi talib , abu
hanifah , dan abu yusuf.
2.
KELOMPOK
EKSTREM ,terbagi menjadi beberapa kelompok ;
·
Al-jahamiyah
·
As
– salihiyah
·
Al
– yunusiyah
·
Al
– ubaidiyah
·
Al
– gainiliyah
·
As
– saubariyah
·
Al
– marisiyah
·
Al
– karamiyah
Ø ALIRAN QODARIYAH (Ma’bad Al –Juhani
Dan Ghailan Ad-Damasyqi)
suatu aliran
yang memberikan penekanan terhadap kebebasan dan kekuasaan manusia dalam menghasilkan
perbuatan – perbuatannya
Ø ALIRAN JABARIYAH(al-Ja’ad bin Dirham
dan Jahm bin Safwan.)
Berasal dari kata
JABARA (memaksa ) manusia diartikan sangat lemah ,tak berdaya , terikat dengan
kekuasaaan dan kehendak mutlak allah swt serta tidak mempuyai kebebasaaan
Ø ALIRAN MU’TAZILAH ( WASHIL BIN ATHA’)
ajaran-ajran pokonya
disebut Al-Khusulul Khomsah
1.
At-Tauhid
2.
Al-Adl
3.
Al
Wa’ad Dan Al Waid
4.
Al
Manzilah Bainal Manzalaitin
5.
Amar
Makruf Nhahi Munkar
Ø ALIRAN AS-AYRIAH (ABU HASAN
AL-ASY’ARI)
muncul sebagai
alternatif yang menggantikan keudukan ajaran teologi muktazilah yang sudah
mulai ditinggalkan orang sejak zaman mutawakil.
*TUJUH ALIRAN ASY’ARIYAH
1.
Tentang
sifat allah swt
2.
Tentang
kedudukan al-qur’an
3.
Tentang
melihat allah diakhirat
4.
Tentang
perbuatan manusia
5.
Tentang
antropomorfisme
6.
Tentang
dosa besar
7.
Tentang
keadilan allah swt
Ø ALIRAN AL MATURIDIYAH (Muhammad bin
Muhammad Abu Mansur)
mendasarkan
pikiran dalam soal-soal kepercayaan kepada pikiran-pikiran abu hanifah
yang tercantu dalam kitab al-fiqh al-akbar dan al-fiqh al-absat
*TIGA DALIL AL-MATURUDIYAH
1.
Dalil
perlawanan arad ,menyatakan bahwa alam ini tidak akan mungkin qodim
2.
Dali
terbatas dan tak terbatas , alam ini terbatas ,pihak yang terbatas adalah baru
3.
Dalil
kausalitas , alam ini tidak akan mungkin mengadakan dirinya sendiri .
Ø TEOLOGI TRANSFORMATIF : merupakan sejumlah pandangaan keyakinan
keagamaan yang memengaruhi perilaku kehidupan umat islam dalam keseeluruhan
aspek kehidupan
Ø Untuk menilai suatu aliran sebaik tidak
melihat berdasarkan tingkah laku perilakunya,tetapi haarus dinilai
dariajaran-ajaran pokok yang dimiliki oleh aliran agama islam
Ø Berbagai ragam pemikiran dan
pandangan dari aliran –aliran yang ada memperlihatkan paham yang saling
bertentangan sekalipun mereka sama berpegangan al-qur’’an
BAB III
(PERILAKU TERPUJI)
Ø ADAB BERPAKAIAN : menurut pandangan
islam dapat dikategorikan kedalam dua bentuk ,yaitu pakaian untuk menutupi
aurat tubuh yang dalam perkembangannya telah melahirkan kebuyaan bersahaja dan
pakaian untuk perhiasaan yang menyatakan
identitas diri sebagai konsekuensi perkembangan kebudayaan manusia
*Syarat –Syarat Berpakaian Seorang Muslim
1.
Tidak
tembus pandang dan ketat
2.
Tidak
menyerupai busana khusus nonmuslim
3.
Pantas
dan sederhana
Ø BERHIAS merupakan naluri manusia yang
tidak dapat dikesampingkan .berhias menjadi kebutuhan menusia sessuai dengan
tingkat peradaban ,berhias dalam ajaran islam sebagai ibadah yang berorientasi
untuk mendapatkan ridha allah .rasulullah telah bersabda bahawa sesungguhnya
allah itu indah ,suka pada keindahan
Ø AGAMA ISLAM telah memberikan
rambu-rambu yang tegas agar setiap muslim mengindahkan kaidah dalam berhias
yang meliputi ;
1.
Niat
berhias hanya untuk beribadah
2.
Dalam
berhias tidak menggunakan barang-barang yang haram
3.
Tidak
berlebih-lebihan dalam berhias
4.
Tidak
berhias seperti orang non-muslim
5.
Berhias
menurut kelaziman dan kepatutan jenis kelamin
6.
Menghindari
bberhias untuk berfoya-foya
Ø SHAFAR
*MENURUT IMAM GHOZALI KEUNTUNGAN SHAFAR ;
1.
Menghibur
Diri Dari Kesedihan
2.
MENCARI
HASIL USAHA
3.
Memperoleh
Tambahan Ilmu
4.
Lebih
Banyak Mengenal Adab Kesopanan
5.
Menambah
Kawan Yaang Baik
Ø ADAB BERTAMU
ð Seorang yang bertamu tidak boleh
mendesakan keinginannya untuk bertamu setelah ketukan ketiga karena hal
tersebut akan menggannggu tuan rumah
.setap orang diberi hakprivasi dirumahnya masing-masig .tidak seorang pun boleh
mengganggunya ,tuan rumah sekalipun dianjurkan untuk menerima tamu,tetapi tetap
punya hak untuk menolak kedatangan tamu kalau memang dia tidak dalam suasana siap
dikunjungi
*ETIKA BERTAMU
1.
Jangan
bertamu sembarang waktu
2.
Tidak
terlalu lama dalam bertamu
3.
Tidak
berbuah hal yang membuat terganggunya tuan rumah
4.
Menghormati
jamuan
5.
Pamit
saat hendak pulang
*Syarat Bertamu
1.
Menggunakan
pakaian yang sopan
2.
Berbahasa
yang santun dan sopan
Ø ADAP MENERIMA TAMU
ð Memuliakan tamu diakukan antara lain
dengan menyambut kedatangannya dengan muka manis dan tutr kata yang lemah
lembut,mempersilakannya duduk ditempat yang baik .dan lebi utamanya disediakan
ruangan khusus.
*Etika Menerima Tamu
1.
Memberi
jamuan selayaknya
2.
Menyambutnya
dengan muka yang berseri-seri
3.
Bersalaman
BAB IV
(PERILAKU TERCELA )
Ø MABUK-MABUKAN
ð Mabuk-mabukan merupakan kebiasaan
buruk yang dapat merusak masa depan umat manusia dan menjadi pintu gerbang
munculnya berbagai macam perilaku keji dan mungkar yang dilakukan oleh si
pemabuk .
ð Hukuman daripada mabuk-mabukan
menurut syar’i adalah dicambuk sebanyak 40 kali cambukan
ð Menurut undang-undang terkena penjara
atau terpidana
Ø BERJUDI
ð Adalah suatu aktivitas yang yang
direncanakan ataupun tidak dengan melakukan spekulasi atau rekayasa untuk
mendapatakan kesenangan dengan mengguakan jaminan ataupun taruhan yang tidak
dibenarkann oleh syarak islam
*BENTUK – BENTUK JUDI
1.
DADU
2.
KARTU
REMI
3.
LOTRE
4.
PERMAINAN
YANG MELUPAKAN IBADAH
5.
JUAL
BENDA YANG TAK JELAS
6.
MANYABUNG
BIANATANG
7.
PERMAINAN
YANG MERUSAK BADAN
*AKIBAT BERJUDI
1.
URUSAN
KELUARGA TIDAK HARMONIS
2.
MENGHABISKAN
HARTA
3.
MELUPAKAN
IBADAH
4.
MALAS
BEKERJA
5.
ADANYA
PERMUSUHAN
Ø ZINA
ð Adalah suatu perbuatan bersenggama
antara alki-laki dan perempuan yang tidak terikat oleh pernikahan .hal ini
dilarang oleh allah swt dalam surah AL-ISRA :32
*MACAM-MACAM ZINA
1.
ZINA
MUKHSAN : yaitu perzinaan yang dilakukan karena telah menikah . HUKUMANNYA
adalah diRAJAM sampai mati
2.
ZINA
GHAIRU MUKHSAN :yaitu perzinaan yang dilakukan karena belum pernah menikah .
HUKUMNYA adalah didera sebanyak 100 kali
*AKIBAT ZINA
1.
TERKENA
PENYAKIT HIV/AIDS
2.
MERUSAK
MASA DEPAN
3.
MERASA
TERHANTUI AKIBAT PERBUATANYA
Ø MENCURI
ð Adalah suatu tindakan mengambil
barang milik orang lain dengan cara yang tidak sah .
ð HUKUMAN BAGI PARA PENCURI ADALAH DIPOTONG TANGAN
KANANYA , mencuri kedua dipotong kaki
kananya , mencuri ketiga dipotong tangan kirinya ,mencuri ke empat dipotong
kaki kirinya.
ð adapun yang termasuk dalam
kategori mencuri ,antara lain ;
1.
Mencopet
2.
Merampok
3.
Membajak
4.
Korupsi
Ø KONSUMSI NARKOBA
ð Narkotika adalah suatu obat perusak
jasmani dan rohani manusia .narkotika dapat merusa akal dan menghilangkan
stabilitas diri .Narkotika dan khomr merupakan saudara kembar dalam menimbulkan
kejahatan dan kerusakan pada masyarakat selain itu juga merusak kesehatan
pelakunya .
ð HUKUMANYA ADALAH DIPIDANA SESUAI
DENGAN UNDANG-UNDANG DASAR REPUBLIK INDONESIA NOMOR 9 TAHUN 1976.
ð HUKUMAN DARIPADA MABUK-MABUKAN
MENURUT SYAR’I ADALAH DICAMBUK SEBANYAK 40 KALI CAMBUKAN
*AKIBAT KONSUMSI NARKOBA
1.
Merusak
jasmani ,akal,dan mental
2.
Mudah
terkena bahaya
3.
Iman
dalam dirinya menjadi lenyap
4.
Semangat
belajar dan bekerja menurun
5.
Timbul
gejala-gejala abstinensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar